Usung Tuntas Subagio Sebagai Capres Jalur Independen, Ormas Tikus Pithi Hanoto Baris Datangi DPRD Kabupaten Bondowoso untuk Sampaikan Aspirasi

396 views

Menjelang gelaran Pemilu Tahun 2019, sebuah organisasi kemasyarakatan (ormas) bernama “Tikus Pithi Hanoto Baris” dengan hastag #2019 Melu Mas Tuntas. Ormas tersebut coba usung Tuntas Subagio ketua ormas pusat “Tikus Pithi Hanoto Baris” sebagai Calon Presiden lewat jalur independen yang telah dimulai pencanangannya pada bulan Mei 2018.

Terkait hal tersebut, lewat perwakilannya di Bondowoso, Ormas Tikus Pithi Hanoto Baris sampaikan aspirasi di Gedung DPRD Kab. Bondowoso, Kamis, 31 Januari 2019, pukul 10.00 WIB,  kurang lebih 50 orang dari ormas “Tikus Pithi Hanoto Baris”  padati halaman depan Gedung DPRD Kab. Bondowoso.

Dari 50 orang penyampai aspirasi, ada 5 orang perwakilan yang diterima oleh Komisi I DPRD Kab. Bondowoso, dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I H. Setya Budi, S.Pd., MH., bersama anggota Komisi I, Edy Sudiyanto, Saiful Wahdi, SH, Luluk Komariyah, SE, Basriyanti dan Suhartatik, SH., didampingi oleh Kabag Rapat dan Perundang-Undangan beserta jajaran Sekretariat DPRD. Dari pihak ormas diwakili jubir dan korlap, yaitu Bambang Purwohadi, Faizin, Mukaddas, Khairil Ilyas, dan Zainal.

Seperti hastag yang mereka usung, itu juga yang disampaikan kepada Komisi I, yaitu mengusung Tuntas Subagio sebagai calon presiden Tahun 2019 lewat jalur independen. Bambang Purwohadi menyampaikan bahwa kedatangan ormas Tikus Pithi Hanoto Baris tidak menyampaikan tuntutan, hanya menyampaikan informasi tentang keberadaan ormas Tikus Pithi Hanoto Baris di Bondowoso. Beberapa hal yang disampaikan, antara lain :

  1. Pencalonan presiden lewat jalur independen, salah satu cara adalah mendorong Mahkamah Konstitusi (MK) membuka jalur tersebut.
  2. Gerakan aspirasi ini secara masif dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pda tanggal 31 Januari 2019 tepat jam 10.00 WIB.
  3. Mengumpulkan surat petisi semua perwakilan ormas Tikus Pithi Hanoto Baris di Indonesia pada tanggal 5 Pebruari 2019 di Semarang untuk secara bersama disampaikan pada MK pada tanggal 10 Pebruari 2019 yang akan dikawal oleh Mahfud MD Cs.

Dalam kesempatan tersebut, Bambang Purwohadi juga menyerahkan Pakta Kedaulatan Rakyat Secara Simbolis kepada Ketua Komisi I, yang isinya antara lain :

  1. Rakyat Indonesia yang bertanah air Indonesia, berbangsa Indonesia dan menjunjung tinggi Bahasa Indonesia;
  2. Rakyat Indonesia yang siap berjuang dan berkorban jiwa dan raga demi menjaga keutuhan NKRI serta mengembalikan kedaulatan rakyat;
  3. Rakyat Indonesia yang tidak akan berpihak kepada kubu atau golongan manapun selain rakyat sendiri;
  4. Rakyat Indonesia yang menginginkan kedaulatan seutuhnya (absolut) ditangan rakyat, independen dalam menentukan langkah seutuhnya di tangan rakyat, baik pemelihan presiden, wakil presiden, wakil rakyat dalam DPR, DPRD, Kepala Daerah dll, sehingga tercapai demokrasi sejati dalam tatanan politik bangsa.
  5. Rakyat Indonesia yang menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara dan sumber dari segala sumber hukum, siap memperjuangkan kembali pada UUD 1945 secara murni dan konsekuen.
  6. Rakyat Indonesia sepakat mengusung Tuntas Subagyo masuk di dalam pencalonan Presiden di Tahun 2019

Diakhir pertemuan, H. Setya Budi, S.Pd., MH., menyampaikan bahwa aspirasi ini akan ditampung dan akan disampaikan kepada Pimpinan DPRD. Pertemuan ditutup pukul 10.45 WIB