Ketua DPRD Hadiri HUT ke-75 TNI

36 views

Bondowoso-Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, H. Ahmad Dhafir menghadiri Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Senin, 5 Oktober 2020 di Aula Makodim 0822 Bondowoso. Seluruh anggota Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) hadir dalam acara tersebut.

Hadir pula, Bapak Ahmad, veteran perang angkatan ’45 asal Surabaya. Dia tergolong serdadu yang loyalitasnya tinggi pada teman seperjuangan dan tempat tugasnya. Buktinya, pada HUT ke-75 TNI dia khusus menyempatkan hadir ke Bondowoso walaupun jaraknya ratusan km.

Kedatangannya hanya untuk berziarah ke TMP (Taman Makam Pahlawan), tempat rekan-rekannya dimakamkan dan berkunjung ke Markas Kodim 0822 Bondowoso. Ahmad pernah bertugas sebagai TNI AD di Bondowoso pada tahun 1954.

Walaupun usianya sudah udzur, lahir 7 Pebruari 1927, namun semangat juangnya masih membara. Ahmad mengaku pernah memanggul tandu Jenderal Sudirman.

“Saya pernah bertugas di Bondowoso pada tahun 1954. Saya akan terus mengingat masa-masa ketika saya bertugas disini. Maka, walaupun jauh, saya tetap datang ke sini”,  kata pria yang mengaku pernah bergabung di BKR (Badan Keamanan Rakyat) pimpinan Bung Tomo tersebut. Dikatakan oleh Veteran yang saat ini tinggal di Jalan Hayam Wuruk Baru 1/43 Surabaya ini, bahwa saat bertugas di Bondowoso pada tahun 1954, kesatuannya bernama PDM (Perwira Distrik Militer).

Dikonfirmasi terpisah, Ahmad Dhafir berharap, pemerintah memperhatikan nasib para veteran. Di Jawa Timur sudah tinggal 17 orang. Para veteran ini telah berjasa dan berjuang untuk meraih kemerdekaan RI.

Kehadiran Ahmad ke Bondowoso, lanjutnya, untuk memberikan semangat pada para yuniornya. Agar terus berjuang mempertahankan NKRI dan Pancasila sebagai Dasar Negara.  “Semangat beliau walaupun sudah sepuh tetap membara. Kehadirannya sebagai penyemangat untuk melanjutkan perjuangan para yuniornya. Mempertahankan NKRI dan Pancasila sebagai dasar negara”, kata Dhafir, sapaannya. (sam)