Dukung Kampung KB Menuju Desa Mandiri Komisi IV DPRD Kunker ke Kampung KB Desa Jetis Kecamatan Curahdami

30 views

DPRD BONDOWOSO – Komisi IV DPRD Bondowoso mendukung penuh upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengendalikan jumlah penduduk. Salah satunya melalui program Kampung KB yang dikelola Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) Bondowoso di Dusun Pelalangan, Desa Jetis, Kecamatan Curahdami. Kampung KB itu juga untuk mendukung program Desa Mandiri.
Komisi IV DPRD Bondowso langsung dipimpin ketuanya, Ady Kriesna SH. Didampingi kepala DPPKB Bondowoso dr Agus Suwardjito, M.Kes. Dalam kesempatan tersebut digelar kegiatan dialog di Balai Desa Jetis dengan dihadiri Camat Curahdami dan Kepala Desa Jetis.
Dalam pertemuan itu, Komisi IV DPRD Bondowoso menegaskan dukungannya terhadap kampung KB menuju Desa Mandiri. “Komisi IV DPRD sebagai wakil rakyat mendukung program pemerintah untuk membangun desa, khususnya dalam upaya untuk mengendalikan pendudukan,” kata Ady Kriesna.
Program Kampung KB tidak ansih soal pengendalian pertumbuhan penduduk saja. Tetapi juga untuk mendukung upaya pemerintah dalam upaya menurunkan angka pernikahan dini yang masih tinggi. “Dari laporan yang kami terima, pernikahan dini juga menurun,. Ini saya yakin berkat program kampung KB dan Desa mandiri,” imbuhnya.
Dengan program Desa mandiri, sambungnya, warga di desa juga lebih berdaya secara ekonomi. Program ini juga mendukung pertumbuhan industri perumahan dengan membuka usaha kue-kue basah. Aset yang tidak terpakai, seperti lahan kosong bisa dimanfaatkan untuk penanaman tanaman toga.
Visi program desa mandiri adalah memberdayakan masyarakat dan memberi peluang pada masyarakat untuk berperan dalam pengelolaan sumberdaya alam di sekitarnya.
Komisi IV DPRD menilai keberadaan kampung KB penting bagi masyarakat. “Untuk itu Komisi IV DPRD mengusulkan agar Pemda memberi reward kepada Kampung KB sesuai dengan statusnya masing-masing sebagai Kampung KB Sederhana maupun yang Paripurna,” imbuhnya.
Kepala DPPKB Bondowoso dr Agus Suwardjito, M.Kes menjelaskan tentang kampung KB di Bondowoso. Salah satunya Kampung KB di Dusun Pelalangan Desa Jetis Kecamatan Curahdami. Di Kampung KB Dusun Pelalangan terdapat keterpaduan program kependudukan, Keluarga Berencana dan pembangunan keluarga yang dikembangkan menjadai Desa Mandiri. “Sejumlah industri perumahan juga dikembangkan di Kampung KB Plalangan menjadi Desa Mandiri,” kata Agus Suwardjito. Dari informasi yang dihimpun ditiap Kecamatan di Bondowoso ada Kampung KB-nya. (na)