Kunker di Perkim, Komisi III DPRD Bondowoso Minta Perkim Dukung Ijen Geopark

30 views

Komisi III DPRD Bondowoso melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perumahan dan Pemukiman (Perkim), Kamis (29/1/2021).

Ketua Komisi III DPRD Bondowoso Sutriyono mengatakan, Ijen Geopark bukan hanya menjadi tugas Disparpora (Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga).

Menurutnya, anggaran Ijen Geopark sebesar Rp 69,7 miliar bukan hanya untuk kegiatan Dinas Diaparpora. Namun, juga merupakan kegiatan reguler yang ada di 16 OPD.

“Salah satunya di Perkim ada Rp 21 Milyar, PUPR 26 Milyar.Itu kegiatan reguler mereka yang manfaatnya diarahkan ke Ijen Geopark,” terangnya.

Menurutnya, anggaran Ijen Geopark tersebut merupakan dana bersama atau Cross Cutting. “Jadi bukan hanya tugas satu dinas,” imbuhnya.

Untuk diketahui, total ada 17 situs yang didaftarkan ke UNESCO. Baik situs geologi, biologi dan budaya (culture). Semua situs tersebut tersebar di 14 kecamatan.

Adapun situs yang diajukan yakni :

  • Situs geologi terdiri dari Kawah Ijen/Blue Fire, Kawah Wurung, Aliran Asam Kalipait, Komplek Mata Air Panas Blawan, Lava Blawan, Air Terjun Gentongan, Aliran Lava Blalangan, Dinding Kaldera Ijen Megasari dan Taman Batu So’on Solor.
  • Situs Biologi terdiri dari Hutan Pelangi dan Kopi Bondowoso.
  • Situs budaya (culture) yakni Struktur Gua Butha Sumber Canting, Struktur Gua Butha Cermee, Situs Megalitik Maskuning Kulon, Singo Ulung dan Tari Petik Kopi.(sht)

Komisi III berharap kepada Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Bondowoso bersinergi dengan OPD terkait dan para pemangku kepentingan untuk mensukseskan Unesco Ijen Geopark.

Diharapkan, keberadaan Unesco Ijen Geopark ini akan mendorong perkenomoian masyarakat Bondowoso.(sht)