Ketua DPRD Lantik Anggota PAW dalam Sidang Paripurna Istimewa

27 views

DPRD BONDOWOSO – Abdulatip, sejak hari Rabu (17/2) telah resmi menjadi anggota DPRD Bondowoso, setelah ketua DPRD Bondowoso H Ahmad Dhafir melantik Abdulatip menjadi anggota DPRD Pengganti Antar  Waktu (PAW)  melalui Rapat Paripurna. Abdulatip menggantikan Muhammad yang meninggal dunia karena sakit.

Rapat Paripurna DPRD dalam acara Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD PAW Sisa Masa Jabatan 2019-2024, Abdulatif dari PPP berjalan lancar. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, pelantikan itu dihadiri Bupati Bondowoso Drs. KH Salwa Arifin bersama anggota forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) Bondowoso di ruang Graha Paripuna DPRD Kabupaten Bondowoso.

Ketua DPRD Bondowoso, H Ahmad Dhafir yang memimpin pelantikan menjelaskan bahwa pengambilan sumpah dan  janji anggota DPRD PAW dam rangka menjalankan amanat SK gubernur Jawa Timur (Jatim). “Pengambilan sumpah dan janji anggota DPRD PAW  hari ini, 17 Februari 2021  melalui rapat paripurna DPRD untuk sisa masa tugas 2019 sampai 2024,” kata H Ahmad Dhafir.

Dia menjelaskan, sejak pengambilan sumpah dan janji maka Abdulatip, anggota DPRD PAW dari PPP mulai menjalankan tugas sebagai wakil rakyat di DPRD. “Mulai hari ini menanggung tugas dan kewajiban sebagai anggota DPRD. Melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan mentaati peraturan perundang-undangan,” imbuhnya.

Kemudian, Mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. “Mendahulukan kepentingan negara diatas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan, memperjuangkan peningkatan kesejahteraan rakyat. Mentaati prinsip demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintah daerah,” ujarnya, juga mentaati tata tertib dan kode etik. Menjaga etika dan norma dalam hubungan kerja dengan lembaga lain dalam penyelenggaraan   pemerintahan daerah. Menyerap dan menghimpun aspirasi konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala. Menampung dan menindaklanjuti aspirasi dan pengaduan masyarakat dan memberikan pertanggungjawaban secara moral dan politis kepada konstituen di daerah pemilihannya.

Bupati Bondowoso Drs. KH Salwa Arifin yang memberikan sambutan mengucapkan selamat kepada Abdulatip yang dilantik menjadi anggota DPRD Bondowoso. “Kami ucapkan selamat kepada Saudara Abdulatip,” tutur KH Salwa Arifin.

Kedepan, sambungnya, dia berharap hubungan kemitraan antara Pemerintah Kabupaten dengan DPRD Bondowoso bisa lebih baik lagi. “Hubungan kemitraan pemerintah daerah dengan DPRD, sebagai mitra kerja untuk membuat kebijakan dan melakukan pengawasan sesuai tupoksi masing-masing sudah selaras,” ujarnya.

Beliau menilai kemitraan yang baik antara pemerintah daerah dengan DPRD bisa lebih baik lagi untuk mencapai tujuan bersama. “Legislatif dan eksekutif, saya harap kerjasama yang sudah terbangun selamn ini dipelihara dan diperkokoh dalam menghadapi segala permasalahan. Kami sampaikan penghargaan setinggi tinggi kepada DPRD dan saya  ucapkan selamat, dan segera bertugas kepada saudara Abdulatip. Kami juga sampaikan bela sungkawa atas meninggalnya almarhum Bapak Muhammad, semoga husnul khotimah dan  segala kekhilafan dan kekeliruannya diampuni oleh Allah SWT,” pungkasnya. (na)