Ketua Dewan Dukung Program Pemulihan Ekonomi

142 views

DPRD BONDOWOSO –  Ketua DPRD Bondowoso H Ahmad Dhafir siap mendukung segala kebijakan Pemkab Bondowoso dalam upaya pemulihan ekonomi. Pasalnya, ekonomi benar-benar merosot tajam sejak Pandemi Covid-19 awal Tahun 2020 silam. Kini berbagai upaya terobosan terus dilakukan pemerintah, termasuk pemkab Bondowoso untuk memulihkan ekonomi.

Berbagai terobosan yang dilakukan Pemkab Bondowoso mendapatkan dukungan dari wakil rakyat di DPRD Bondowoso. “Angka kemiskinan dan pengangguran meningkat, karena banyak faktor. Yaitu masalah global, Covid-19, APBD kita untuk refocusing untuk program pemulihan ekonomi masyarakat,” paparnya.

H Ahmad Dhafir menegaskan, dukungannya terhadap berbagai program pemkab Bondowoso meski harus me-refocusing APBD 2021. “Kita tentu mendukung  upaya Pemkab Bondowoso. Ini demi memulihkan ekonomi masyarakat Bondowoso secara umum,” terangnya.

Hal itu disampaikan H Ahmad Dhafir disela-sela acara pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Kabupaten Bondowoso Tahun 2022 di Pendapa Bupati, Selasa (30/3/2021).

Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin yang membuka Musrenbang RKPD Kabupaten Bondowoso Tahun 2022 di Pendopo, Musrembang merupakan tahapan penyelenggaraan perencanaan pembangunan daerah mulai dari tingkat desa, kecamatan hingga Forum Perangkat Daerah (Forum PD) di kabupaten.

Bupati KH Salwa menuturkan, Perencanaan pembangunan daerah tahun 2022 akan didasarkan pada visi dan misi pemerintahan Salwa Arifin – Irwan Bachtiar Rachmat yang telah termaktub dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2019 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Kabupaten Bondowoso Tahun 2018 hingga 2023. Yaitu terwujudnya Bondowoso Mandiri Ekonomi, Lestari, Sejahtera, Adil dan Terdepan dalam Bingkai Iman dan Taqwa (Melesat).

Bupati KH. Salwa juga mempertimbangkan isu strategis regional hingga nasional dalam merencanakan pembangunan untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan  masyarakat. “Program dan kegiatan yang akan di-musrembangkan akan menjadi rujukan  dalam perencanaan penganggaran  APBD 2022,” ujarnya. 

Tema pembangunan Kabupaten Bondowoso tahun 2022 adalah ‘Peningkatan Inovasi Sistem Pemerintahan Berbasis Teknologi Informasi, Mendorong Kemandirian dan Percepatan Pemulihan Ekonomi.

Dia menjelaskan, Musrenbang RKPD Tahun 2022  Bondowoso  dilaksanakan secara virtual. Salah satu target yang disebutkan Bupati Salwa Arifin adalah pertumbuhan ekonomi.  Pandemi Covid-19 membuat pertumbuhan ekonomi Bondowoso mengalami kontraksi -1,36 persen. Untuk itu, Bupati Salwa Arifin menargetkan pertumbuhan ekonomi pada Tahun 2022 mencapai 3 persen. Meski pertumbuhan minus, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bondowoso masih lebih baik dari pada Provinsi Jawa Timur yang mengalami kontraksi -2,39 persen dan nasional -2,07 persen. (na)