DPRD Lumajang Belajar ke Bondowoso

63 views

DPRD BONDOWOSO – Dukungan DPRD Bondowoso terhadap program pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19 mendapatkan apresiasi dari DPRD Lumajang. Tak heran, Komisi C DPRD Lumajang belajar ke DPRD Bondowoso. Khususnya tentang dukungan DPRD terhadap program pemulihan ekonomi saat pandemi Covid-19.
Dalam kesempatan ini Sekretaris DPRD Kabupaten Bondowoso Sholikin, S.Pd, SH, M.Si yang menemui, dikarenakan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Bondowoso melaksanakan Reses Masa Sidang ke III Tahun 2020-2021.
Meski demikian, apa yang diinginkan komisi C DPRD untuk belajar mengenai dukungan DPRD terhadap program pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19 sudah terpenuhi. Sebab, Sekwan Sholikin sudah koordinasi dengan pimpinan DPRD Bondowoso untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan Komisi C DPRD Lumajang.
Sholikin menjelaskan bahwa dukungan DPRD terhadap program pemulihan ekonomi selama Covid-19 dilakukan sesuai tugas pokok dan fungsi (tuposi)-nya. “Salah satu fungsi DPRD adalah pengawasan. Pengawasan pelaksanaan pemerintahan, baik berupa kebijakan atau pelaksanaan peraturan perundangan,” tuturnya.
Dia menjelaskan secara khusus peran DPRD dalam pemulihan ekonomi masyarakat selama Covid-19, DPRD memberikan dukungan penuh terhadap berbagai program kegiatan yang direncanakan Pemkab Bondowoso untuk membangkitkan ekonomi masyarakat. “Dalam hal peran serta DPRD dalam peningkatan perekonomian masa pandemi, yang jelas DPRD melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan program kegiatan yang telah ditetapkan dalam APBD, terutama terkait dengan pemulihan ekonomi,” imbuhnya.
Dia menjelaskan, bentuk pengawasan yang dilakukan DPRD dengan kunjungan kerja ke lapangan untuk melihat langsung keadaan yang sebenarnya. “Sekaligus serap aspirasi dan rapat-rapat kerja komisi untuk mencari solusi-solusi permasalahan guna mendorong peningkatan perekonomian di Bondowoso,” ujarnya.
Trisno, ketua Komisi C DPRD Lumajang mengakui memang sengaja belajar tentang dukungan DPRD Bondowoso terhadap program pemulihan ekonomi selama pandemi Covid-19. “Kami menilai dukungan DPRD Bondowoso terhadap program pemulihan ekonomi selama pendami Covid-19 bagus. Kami datang ke Bondowoso untuk menggali informasi dan berbagi pengalaman karena DPRD Kabupaten Bondowoso dan DPRD Kabupaten Lumajang banyak kesamaan,” kata Trisno.(na)