PIMPINAN DPRD

Beri Teladan, Ketua DPRD Sudah Tiga Kali Vaksin

DPRD BONDOWOSO – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bondowoso, H Ahmad Dhafir terus mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 di Kota Tape. Bahkan, H Dhafir memberikan teladan dengan vaksinasi sudah tiga kali, terakhir mendapatkan vaksin booster saat pelayanan vaksinasi di Kecamatan Grujugan (11/1).

Menurut H Ahmad Dhafir, vaksinasi merupakan salah satu upaya  paling efektif untuk mencegah penularan COVID-19. COVID-19 masih saja mengancam keselamatan manusia. Apalagi, saat ini bermunculan varian COVID-19 baru seperti varian omicron yang sudah masuk Jawa Timur.

Meski varian omicron tidak seganas varian delta, H Ahmad Dhafir tetap berharap masyarakat waspada. Salah satunya untuk aktif ikut vaksin, menurut dia, vaksinasi merupakan langkah dari pemerintah untuk menyelamatkan masyarakat dari serangan COVID-19. “Itu penularannya sangat cepat maka harus tetap waspada,” katanya.

Untuk itu, dia berharap semua pihak termasuk tenaga kesehatan yang ada di tingkat desa, dapat melakukan upaya untuk meningkatkan capaian vaksinasi. Tidak hanya itu, H Ahmad Dhafir juga menegaskan para perangkat desa juga harus berperan aktif. Mendata dan mengkomunikasikan dusun atau daerah yang masih terdapat masyarakat yang belum vaksin. “Kalau itu dilakukan bersama-sama, akan segera tercapai target minimal 70 persen,” paparnya.

Berdasarkan data Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), untuk mencapai 70 persen, capaian vaksinasi di Kabupaten Bondowoso hanya membutuhkan sekitar 3 persen saja untuk masyarakat umum. Pasalnya, hingga Senin (10/1), capaian vaksinasi di Bondowoso sudah mencapai 67,18 persen. Sedangkan untuk  Lanjut Usia (Lansia) baru mencapai 47 persen.

Dengan pencapaian itu, yang disertai  upaya vaksinasi door to door dan jemput bola. Maka target 70 persen diyakini dapat tercapai dalam jangka waktu satu pekan. Tentunya dengan menekankan kesadaran kepada masyarakat terkait pentingnya vaksinasi terhadap kesehatan. Terlebih, varian COVID-19 Omicron beberapa waktu lalu, sudah terdeteksi di Jawa Timur.  Juru bicara Satgas COVID-19 yang juga kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bondowoso, dr Mohammad Imron menargetkan dalam satu pekan vaksinasi untuk masyarakat umum, sudah mencapai target minimal 70 persen. Terlebih saat ini capaian vaksinasi sudah mencapai 67,18 persen, ditambah 11 ribu masyarakat yang belum terdata di KPCPEN serta capaian harian yang terus digencarkan. “Kalau hasil validasi 11 ribu tadi mudah-mudah masuk semua. Satu pekan ke depan saya yakin  tercapai,” ujarnya. (na)