RESES

Ketua DPRD: Reses Jadi Wahana Masyarakat Sampaikan Aspirasi

BONDOWOSO,– Memasuki bulan  Januari tahun 2023,  wakil rakyat di DPRD Kabupaten Bondowoso langsung aktif turun ke bawah, terjun ke tengah – tengah masyarakat secara langsung. Mereka memperjuangkan aspirasi  masyarakat di daerah pemilihan (dapil)-nya masing-masing. Yaitu melalui kegiatan reses yang dilaksanakan sejak.tanggal 23 sampai dengan 27 Januari  2023. Reses kali ini merupakan reses Masa Sidang II tahun 2023, dengan agenda reses Menjaring aspirasi masyarakat untuk perubahan APBD tahun berjalan dan monitoring pelaksanaan anggaran tahun berjalan.

Ketua DPRD H Ahmad Dhafir juga ikut melaksanakan reses untuk memperjuangkan kepentingan serta aspirasi rakyat di dapil-nya. Menurut beliau, kegiatan reses anggota DPRD Kabupaten Bondowoso memang untuk menyerap aspirasi dan kebutuhan rakyat. “Reses anggota DPRD itu jadi wahana  masyarakat untuk menyampaikan aspirasi. Selama pelaksanaan reses banyak aspirasi yang masuk,” kata H Ahmad Dhafir.

H Ahmad Dhafiir menyampaikan,  aspirasi tidak hanya disampaikan melalui mekanisme  reses saja. “Reses kegiatan resminya. Wakil rakyat bisa setiap saat serap aspirasi, warga bisa menyampaikan aspirasi kapan saja dan di mana saja,” imbuhnya.

Kegiatan reses H. Ahmad Dhafir dilaksanakan di rumah Ustadz Syaiful  Bahri di Dusun Karang Anom RT 04, RW 01 Desa Mrawan Kecamatan Tapen, Kabupaten Bondowoso. H Ahmad Dhafir menjadi salah satu wakil rakyat dari dapil 2 yang meliputi Kecamatan Tapen, Klabang, Prajekan, Botolinggo dan Cermee . “Saat reses di Desa Mrawan Kecamatan Tapen, banyak aspirasi yang disampaikan rakyat. Tugas saya sebagai wakil mereka tentu memperjuangkannya untuk menjadi program di Pemkab Bondowoso,” imbuhnya.

Namun, dia mengingatkan bahwa tidak semua aspirasi bisa dipenuhi. Pasalnya, APBD Kabupaten Bondowoso sangat terbatas. “Kami juga mengingatkan bahwa dana di APBD terbatas, sehingga aspirasi yang  direalisasikan diutamakan yang masuk skala prioritas,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakil ketua DPRD Sinung Sudrajad  S Sos menggelar reses di Desa Kembang Kecamatan Bondowoso  Kota. Sinung menjadi wakil rakyat dari Dapil 1 yang meliputi kecamatan Bondowoso, Tenggarang dan Wonosari. Wakil ketua DPRD Drs H Buchori Mun’im melakukan reses di Desa Karanganyar Kecamatan Tegalampel yang termasuk dapil 5, meliputi Kecamatan Binakal, Curahdami, Pakem, Tamankrocok, Tegalampel dan Wringin.  Sedangkan Wakil ketua DPRD H Moh Supriadi SE menggelar kegiatan reses di Desa Prajekan Kidul kecamatan Prajekan yang masuk dapil 2, yaitu Kecamatan Tapen, Klabang, Prajekan, Botolinggo dan Cermee.

Anggota DPRD lainnya juga menggelar kegiatan reses di dapil-nya masing-masing. Beberapa anggota DPRD melaksanakan reses di daerah pemilihannya di Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Pujer, Sempol, Sukosari, Sumberwringin dan Tlogosari. Sebagian melaksanakan reses di Dapil 4 yang meliputi wilayah Grujugan, Jambesari Darussholah, Maesan dan Tamanan.  (na)