PIMPINAN DPRD

Ketua DPRD : Selamat Hari Santri Nasional 2023, Jihad Santri Jayakan Negeri

DPRD BONDOWOSO – Peringatan Hari Santri Nasional ke-8 tahun 2023 ini terasa istimewa bagi masyarakat Kabupaten Bondowoso. Sebagai salah satu Kota Santri di Tapal Kuda, Hari Santri Nasional dirayakan tidak hanya oleh santri. Tetapi juga hampir seluruh lapisan masyarakat.

Hari Santri Nasional adalah momen penting dalam menghargai kontribusi santri dalam membangun masyarakat dan kebudayaan di Indonesia. Peringatan ini juga memberikan kesempatan untuk merayakan dan memelihara nilai-nilai keagamaan, pendidikan, dan solidaritas di antara komunitas santri.

Tak terkecuali oleh segenap wakil rakyat di DPRD Kabupaten Bondowoso dan pegawai di lingkungan Pemkab Bondowoso. Perayaan tak kalah meriah dilakukan  ribuan santri atau alumni santri di Kabupaten Bondowoso.

“Selamat Hari Santri Nasional ke  22 Oktober 2023. Jihad Santri Jayakan Negeri,” kata Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso H Ahmad Dhafir. Lahir sebagai alumni pesantren,  beliau  merasakan eksistensi dari keberadaan pondok pesantren.

Apalagi menurut H. Ahmad Dhafir  tema Hari Santri Nasional yaitu Jihad Santri Jayakan Negeri ini memiliki makna yang dalam. “Jihad Santri Jayakan Negeri bertujuan untuk mengingatkan bagi santri bahwa mereka juga memiliki andil besar dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI,’ ujar beliau.

Menurutnya, para santri generasi saat ini harus proaktif untuk ikut membangun bangsa dan Negara. “Santri juga harus aktif memberikan kontribusi dalam memajukan negeri serta berjuang di era tranformasi digital saat ini. Para santri juga harus terus berjihad intelektual di era digital ini,” ujarnya.

Hari Santri Nasional adalah kesempatan untuk menghormati peran santri sebagai agen penting dalam pengembangan pendidikan dan penyebaran nilai-nilai agama Islam di Indonesia.  Santri juga memegang peran penting dalam melestarikan nilai-nilai keislaman di masyarakat, khususnya di Bondowoso.

Hari Santri Nasional memperkuat apresiasi terhadap pendidikan agama di tengah-tengah masyarakat. Juga mendorong perkembangan pendidikan. Termasuk mendorong pengembangan pesantren dan lembaga pendidikan Islam lainnya. Hal ini memungkinkan adanya  peningkatan kualitas pendidikan agama di seluruh Indonesia.

Hari Santri Nasional juga untuk melestarikan warisan budaya. Dimana  santri dan pesantren adalah bagian integral dari warisan budaya Indonesia.  Hari Santri Nasional juga dapat berfungsi sebagai pengingat tentang pentingnya toleransi, keadilan, dan kerukunan antar agama di masyarakat Indonesia. (na)