RAPAT

Gelar Rapat Paripurna, DPRD Kabupaten Bondowoso Setujui Raperda RTRW 2024-2044

DPRD BONDOWOSO – DPRD Kabupaten Bondowoso menggelar Rapat paripurna tentang Persetujuan Penetapan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) 2024-2044. Rapat paripurna dipimpin langsung oleh ketua DPRD Kabupaten Bondowoso H Ahmad Dhafir.

Rapat paripurna DPRD Bondowoso yang digelar Senin,  4 Maret 2024 merupakan paripurna perdana pasca pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) legislative 14 Februari 2024.

Tiga wakil ketua  DPRD Kabupaten Bondowoso, Drs. H. Buchori Mun’in, Sinung Sudrajad, S.Sos. dan HM. Supriadi, SE. mendampingi Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, H. Ahmad Dhafir. Sedangkan dari eksekutif, Pj Bupati Bondowoso, Drs. H. Bambang Soekwanto, MM didampingi Pj. Sekda Haeriah Yuliati, S.Sos., MM.  hadir  bersama kepala perangkat daerah (PD) di lingkungan Pemkab Bondowoso.

Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso H. Ahmad Dhafir menyampaikan bahwa Rapat Paripurna telah memenuhi quorum. Untuk itu, Rapat paripurna tetap dilanjutkan sesuai dengan agenda yang telah ditentukan.

Juru bicara Pansus 1 DPRD, Sinung Sudrajad S.Sos, dan juga sebagai Wakil Ketua DPRD menyampaikan bahwa  Raperda RTRW  2024-2044 telah memenuhi semua persyaratan  administrasi. Untuk itu, Raperda RTRW dapat disetujui penetapannya dalam rapat paripurna DPRD Bondowoso.

Selanjutnya, H Ahmad Dhafir selaku pimpinan rapat menawarkan persetujuan kepada anggota DPRD Kabupaten Bondowoso yang mengikuti Rapat Paripurna dan  secara aklamasi semua anggota DPRD menyatakan persetujuannya. 

Pj Bupati Bondowoso, Drs. H. Bambang Soekwanto, MM dalam sambutannya yakin Raperda RTRW  akan memberi manfaat kepada masyarakat  Bondowoso. “Kami mewakili eksekutif memberikan apresiasi kepada legislatif yang telah mewujudkan komitmen bersama untuk membangun Bondowoso lebih baik melalui penetapan RTRW 2024-2044,” tutur Pj. Bupati Bondowoso.

Dalam Rapat Paripurna tersebut juga dilakukan penandanganan Berita Acara Persetujuan bersama  tentang penetapan Raperda RTRW tahun 2024-2044 oleh Bupati Bondowoso dan DPRD Kabupaten Bondowoso. Selanjutnya, Raperda RTRW Kabupaten Bondowoso Tahun 2024-2044 beserta kelengkapannya dikirim ke Provinsi Jawa Timur untuk dievaluasi. “Hasil evaluasi provinsi Jawa Timur dikembalikan ke DPRD Kabupaten Bondowoso untuk disesuaikan, setelah itu dikirim ke provinsi jawa Timur lagi untuk mendapatkan nomor register, dan selanjutnya ditetapkan oleh Bupati Bondowoso” ungkap Sinung Sudrajad, S.Sos Wakil ketua DPRD Kabupaten Bondowoso. (an)